Saturday, September 12, 2015

Cara menentukan perbandingan campuran & takaran berat untuk beton

Suatu pekerjaan beton struktur dapat mulai dikerjakan apabila campuran beton tersebut telah di setujui oleh Konsultan pengawas. Perbandingan campuran , takaran berat untuk beton ditentukan seperti dibawah ini dan harus dilakukan jika material yang disediakan oleh Penyedia Barang dan Jasa sudah disetujui.

  1. Campuran percobaan, yaitu campuran yang selambat-lambatnya 35 hari sebelum pekerjaan beton dimulai, Penyedia barang dan Jasa harus membuat campuran percobaan di laboratorium dengan disaksikan oleh Konsultan pengawas. Dan campuran percobaan ini harus dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai kuat tekan atau kekuatan lentur sesuai dengan ketentuan (Preliminary test result) dengan margin yang cukup, sehingga probabilitas nilai kekuatan beton pada pelaksanaan yang lebih rendah dari kekuatan minimun yang ditentukan, 
  2. pada tabel 4.1 tidak lebih dari 5% , dan konsultan pengawas akan menentukan perbandingan berdasarkan campuran percobaan yang telah dilakukan dengan memakai material yang harus dipergunakan dalam pekerjaan. Perbandingan campuran untuk campuran percobaan tersebut didasarkan pada nilai-nilai dalam tabel 4.2 dan disesuaikan dengan ketentuan dibawah ini. Tetapi nilai-nilai tersebut hanya perkiraan saja Untuk memudahakn penyedia barang dan jasa, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Perbandingan air dan semen merupakan nilai maksimum mutlak 
  • kadar semen merupakan nilai minimum mutlak
  • nilai kuat tekan minimum diambil dari nilai kekuatan rata-rata minimum pada pelaksanaan
Tabel 4.1 Mutu beton





















Tabel 4.2